Jumat, 09 Desember 2011

Ciri Sahabat Sejati

Jika kau berteman, berbuat baik berpada-pada, jika engkau tidak mau kecewa dan sakit hati. Tidak semua teman menerima kebaikanmu sebagaimana engkau harapkan dan tidak semua teman jujur dengan senyumnya.




Persahabatan yang kental dalam beberapa hal dan beberapa kasus seperti yang dibangun dalam dunia preman. Pertemanan diantara preman sangat kontras dengan pertemananku bersama beberapa “temanku”. Preman sangat setia kepada temannya. Mereka sangat teguh dalam memegang jani. Mereka juga;loyal kepada “ketua” nya. Mereka siap berkorban demi keselamatan teman dan kelompoknya. Preman memliki kesetiakawanan yang kuat. Ketika memperoleh rejeki mereka akan dengan senang hati berbagi. Ketika menghadapi masalah mereka bahu membahu menghadapinya dan siap mengorbankan yang mungkin dikorbankan. Walau demikian, sebagaimana manusia, tidak jarang ada anggota preman yang berbuat kesalahan. Ibarat dalam dunia spionase, ada juga dalam dunia preman “agen ganda” atau bermuka dua . Akibatnya terjadilah pecah kongsi dan pertemananpun bubar. Tidak jarang berubah menjadi permusuhan.




satu syarat mutlak untuk membangun “persahabatan sejati” dan membedakannya dengan pertemanan yaitu adanyasincere dalam sikap dan ucap diantara dua orang sahabat. 
Jadi, dengan sincere seorang sahabat tidak akan; MENCEDERAI JANJI, MENIKMATI SESUATU DENGAN MENYAKITI TEMAN, MENABUNG KESALAHAN TEMAN UNTUK SENJATA SERANGAN BALIK, MANIS MANIS MULUT YANG MELAMBUNGKAN IMPIAN, TIDAK PEDULI DENGAN PENDERITAAN TEMAN, TIDAK SELALU MENGHITUNG UNTUNG RUGI DAN MENANG KALAH, dan sikap lain yang menggambarkan tidak sincere.


Jika satu saat aku mendapati ada lagi “temanku” lainnya yang “tidak sincere”, seperti sebuah petuah , aku akan berbuat baik berpada pada. Juga tidak boleh terlalu berharap. Aku harus bersiap untuk kecewa karena diantara kami tidak terbangun persahabatan, hanya pertemanan atau bahkan sekedar kenalan. Kuingatkan juga pada diriku sendiri, persahabatan itu luas; bisa dalam bekerja, berorganisasi, bercinta kasih, berbisnis, berpolitik, dan berbangsa bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar